Watu Lintang di Desa Mlaya ,Kecamatan Banjarmangu, Banjarnegara



 Konon Ratusan tahun yang lampau terjadi peristiwa yang sangat bersejarah di Desa Mlaya ,Kecamatan Banjarmangu, Banjarnegara,  yaitu ada sebuah batu yang sangat besar jatuh dari langit yang sering kita sebut dengan batu meteor. Batu tersebut jatuh saking besar dan kuat nya sampai membentuk sebuah telaga ,yang kemudian hari jadi nama  sebuah  dusun yang bernama Tlaga.
                Masyarakat setempat percaya dan yakin bahwa batu yang sangat besar yang berada diantara hijaunya persawahan penduduk itu merupakan meteor yang jatuh dari langit ,karena di sekitar jatuh nya watu lintang tersebut membuah kubangan tanah yang sangat besar dan kedalaman batu di perkirakan puluhan meter tertancap nya ke tanah ,dengan besar kira-kira 50  M2.
Karena keanehan dan kelangkaan watu lintang para pelaku spiritual di daerah sekitar sangat mengkramatkan. Sumarsono salah seorang yang sedikit banyak mengetahui cerita watu lintang tersebut mengatakan “Bila mana ada orang yang melakuakan ritual di watu lintang tersebut akan tercapai apa yang menjadi cita cita atau pun hajat nya” jelasnya.
 Menurut dirinya masyarakat setempat juga percaya bahwa tempat tersebut di jaga oleh sosok mahluk gaib seorang sinden yang berparas cantik dan menawan.
Terpisah, Agus sudiono yang merupakan asli penduduk setempat menambahkan “Dulu ada seorang yang tidak percaya akan kemistikan batu tersebut ,dia yang petani dan sekaligus juga jaga baya di desa tersebut ,secara sengaja membuang hajat di batu lintang entah karena kebetulan atau apa orang tersebut langsung tersambar petir dan meninggal seketika ” katanya.
Dari cerita turun temurun ke anak cucu tersebut makin menguatkan kepercayaan masyarakat sekitar akan kekuatan magis dari watu lintang tersebut ,maka nya ada sebagaian warga yang rutin melakukan ritual setiap malam jumat kliwon di tempat tersebut. Agus juga menceritakan keanehan lainya “Di atas batu lintang tersebut banyak binatang buas missal nya ular ,biawak ,kala jengking dan lainya padahal secara nalar untuk naik ke puncak bukit itu sulit bagi binatang tersebut karena sisi dari batu tersebut sangat licin dan vertical .”
Di ahir cerita Agus sudiono mengatakan ‘’ Dulu sudah ada Tim geologi dari pemeritah setempat yang meneliti tentang keaslian batu meteor tersebut dan hasilnya di nyatakan bahwa batu tersebut mempunya cici cicri fisik serupa dengan batu meteor,juga dari berbagai universitas dan balai penelitian lain nya juga pernah meneliti watu lintang tersebut ,sayang hasil nya tidak di publikasikan.’’ Sampai sekarang watu lintang tersebut masih menjadi sebuah misteri dan kearifan local  bagi masyarakat Banjarnegara.  (       
QIS)

1 Response to "Watu Lintang di Desa Mlaya ,Kecamatan Banjarmangu, Banjarnegara"

  1. Artikel ngawur, Desa Mlaya itu kecamatan nya Punggelan bukan Banjarmangu. Terlebih letak watu lintang tersebut letaknya adalah di desa Tlaga dusun gumpang, bukan desa Mlaya

    BalasHapus